Cara Menulis Matriks dengan LaTeX di Blog WordPress

Matriks merupakan salah satu bahasan dalam matematika. Ada banyak materi dalam matematika yang melibatkan matriks, misalnya operasi baris elementer, ruang vektor, dan nilai eigen. Saat membahas materi tersebut dalam sebuah tulisan, tentu kita harus tahu cara menulis matriks. Oleh karena itu, kita akan belajar bagaimana menulis matriks dengan LaTeX di blog berbasis wordpress. Cara ini berlaku untuk blog gratis yang dibuat di wordpress.com dan blog wordpress yang dipasang di hosting sendiri.

Ada beberapa environment yang dapat digunakan dalam menulis matriks, termasuk array yang telah kita bahas sebelumnya. Agar bisa memahami tulisan ini dengan lebih baik, saya harap anda membaca tulisan berjudul “Membuat Array dengan LaTeX di Blog WordPress“. Environment lain yang dapat digunakan adalah matrix, pmatrix, bmatriks, Bmatrix, vmatrix, dan Vmatrix. Terdapat kemiripan antara environment array dan matrix. Karena itu, kita akan membahasnya setelah environment yang lain.

Format Penulisan Matriks dengan LaTeX
\begin{environment}
item11 & item12 & … & item1n \\
item21 & item22 & … & item2n \\

itemm1 & itemm2 & … & itemmn \\
\end{environment}

Kata environment dapat diganti dengan salah satu dari pmatrix, bmatriks, Bmatrix, vmatrix, dan Vmatrix. Pembeda antara kelima environment ini adalah jenis tanda kurung yang digunakan.

Environment Tanda kurung Contoh
pmatrix ( )

    \[\begin{pmatrix}1&2\\3&4\end{pmatrix}\]

bmatrix [ ]

    \[\begin{bmatrix}1&2\\3&4\end{bmatrix}\]

Bmatrix { }

    \[\begin{Bmatrix}1&2\\3&4\end{Bmatrix}\]

vmatrix | |

    \[\begin{vmatrix}1&2\\3&4\end{vmatrix}\]

Vmatrix || ||

    \[\begin{Vmatrix}1&2\\3&4\end{Vmatrix}\]

Sintaks yang digunakan untuk menulis salah satu matriks di atas adalah

\begin{pmatrix}
1 & 2 \\
3 & 4
\end{pmatrix}

Entri-entri pada matriks dituliskan mulai dari baris pertama. Setelah menulis entri pertama, kita menggunakan simbol ampersand (&) untuk berpindah ke kolom sebelah kanan (pada baris yang sama). Kita lakukan hal ini secara berulang sampai seluruh entri pada baris tersebut selesai. Setelah entri terakhir, kita tidak menambahkan simbol & lagi. Kita menggunakan dua simbol backslash (\\) untuk berpindah ke baris berikutnya. Kita tidak perlu menambahkan \\ setelah baris terakhir, karena tidak ada lagi baris setelahnya.

Selanjutnya, kita akan membahas dua environment terakhir, yaitu matrix dan array. Berbeda dengan environment lain, dua environment ini tidak dilengkapi dengan tanda kurung. Kita perlu menambahkannya sendiri, dengan cara menuliskan \left( dan \right) secara berturut-turut sebelum \begin dan setelah \end. Untuk menggunakan tanda kurung lain, silahkan ganti simbol ‘(‘ pada \left( dan ‘)’ pada \right).

Mungkin ada yang berpikir, mengapa kita perlu menggunakan \left dan \right. Pada matriks yang hanya terdiri dari satu baris, perbedaannya tidak akan terlihat. Namun, terlihat dengan jelas jika banyaknya baris lebih dari satu. Perbedaannya dapat dilihat pada tabel berikut.

Sintaks Output
[
\begin{matrix}
1
\end{matrix}
]

    \[[\begin{matrix}1\end{matrix}]\]

\left[
\begin{matrix}
1
\end{matrix}
\right]

    \[\left[\begin{matrix}1\end{matrix}\right]\]

[
\begin{matrix}
1 & 2 \\
3 & 4
\end{matrix}
]

    \[[\begin{matrix}1 & 2 \\3 & 4\end{matrix}]\]

\left[
\begin{matrix}
1 & 2 \\
3 & 4
\end{matrix}
\right]

    \[\left[\begin{matrix}1 & 2 \\3 & 4\end{matrix}\right]\]

Dalam menulis matriks, terkadang kita membutuhkan garis horizontal yang membatasi dua kolom. Misalnya saat kita akan menentukan invers matriks. Kita menuliskan matriks identitas di sebelah kanan matriks, yaitu \left[\begin{array}{c|c}A & I\end{array}\right], kemudian mengubahnya menjadi \left[\begin{array}{c|c}I & A^{-1}\end{array}\right].

    \[\left[ \begin{array}{cc|cc} 1 & 2 & 1 & 0 \\ 3 & 4 & 0 & 1 \end{array} \right]\]

Untuk menuliskan matriks di atas, kita menggunakan environment array, dengan sintaks

\left[
\begin{array}{cc|cc}
1 & 2 & 1 & 0 \\
3 & 4 & 0 & 1
\end{array}
\right]

Kelebihan lain dari array adalah kebebasan dalam mengatur perataan pada setiap kolom dan menambahkan garis horizontal yang membatasi dua baris. Pembahasan lengkap mengenai array dapat anda baca pada tulisan sebelumnya.

Untuk menutup tulisan ini, saya akan menuliskan bagaimana menampilkan output dari sintaks di atas pada blog wordpress, baik yang dipasang pada hosting sendiri maupun yang dibuat pada wordpress.com.

wordpress.com
Untuk menulis matriks, kita dapat menggunakan sintaks di bawah ini

Cara menulis matriks dengan latex di blog wordpress.com

Self-Hosted WordPress dengan Plugin WP QuickLaTeX
Untuk membuat array, kita dapat menggunakan salah satu sintaks di bawah ini

Cara menulis matriks dengan latex di blog wordpress self-hosted

Self-Hosted WordPress dengan Plugin MathJax-LaTeX
Untuk plugin ini, kita cukup menuliskan sintaks mulai \left( sampai \right (khusus environment matriks dan array). Untuk environment lain, kita mulai dari \begin sampai \end.

Selamat mencoba! Jika ada masalah atau ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan sampaikan melalui komentar. Semoga bermanfaat. 🙂

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.