Sebuah pertanyaan yang mungkin pernah terbersit di benak pembaca. Apakah persegi merupakan belah ketupat? Atau belah ketupat yang merupakan persegi? Untuk menjawab pertanyaan ini, kita perlu mengidentifikasi ciri-ciri kedua bangun datar tersebut.

Belah ketupat

  • Terdiri dari empat sisi yang sama panjang
  • Sisi-sisi yang berhadapan sejajar
  • Memiliki empat buah sudut
  • Sudut yang berhadapan besarnya sama
  • Kedua diagonalnya berpotongan dan saling membagi dua sama panjang

Persegi

  • Terdiri dari empat sisi yang sama panjang
  • Memiliki empat sudut, yang semuanya siku-siku
  • Kedua diagonalnya sama panjang, dan titik perpotongannya membagi dua diagonalnya sama panjang

Berdasarkan ciri-ciri di atas terlihat banyak kesamaan antara persegi dengan belah ketupat. Pertanyaan sekarang, apakah persegi yang merupakan belah ketupat ataukah sebaliknya. Untuk menjawab pertanyaan ini, kita cukup melihat kembali ciri-ciri di atas. Bandingkan, bangun datar mana yang memiliki ciri yang lebih umum?

Di antara keduanya, belah ketupatlah yang memiliki ciri lebih umum, tepatnya pada besar sudut-sudutnya.Besar sudut pada belah ketupat tidak mengikuti ketentuan tertentu. Berbeda dengan persegi, yang keempat sudutnya sama besar dan semuanya siku-siku.

Jadi, kita bisa menyimpulkan bahwa persegi merupakan belah ketupat. Tetapi belah ketupat belum tentu persegi. Persegi adalah belah ketupat yang keempat sudutnya siku-siku. Akibatnya, luas daerah persegi juga bisa dihitung dengan rumus luas belah ketupat, yaitu$$L = \frac{1}{2} \cdot diagonal_1 \cdot diagonal_2$$Untuk menghitung luas persegi yang diketahui panjang diagonalnya, kita tidak perlu mencari panjang sisinya dengan rumus pythagoras. Cukup gunakan rumus luas belah ketupat. Rumus tersebut bisa dipersingkat seperti di bawah ini.$$\begin{aligned}L \: Persegi &= L \: Belah \: Ketupat \\&= \frac{1}{2} \cdot d_1 \cdot d_2\end{aligned}$$Diagonal-diagonal persegi memiliki panjang yang sama. Misalkan $d_1=d_2=d$, sehingga$$\begin{aligned}L &= \frac{1}{2} \cdot d \cdot d \\&= \frac{1}{2} \cdot d^2\end{aligned}$$Selain dua bangun datar di atas, apakah masih ada bangun lain yang memiliki kemiripan sifat?