KimiaMath

Konfigurasi Elektron berdasarkan Kulit Atom

Oleh Aiz — 22 Juni 2019

Kategori: Kimia Sekolah

Konfigurasi Elektron berdasarkan Kulit Atom

Konfigurasi elektron adalah penataan elektron ke dalam kulit dan subkulit atom. Sesuai pengertiannya, ada dua cara penulisan konfigurasi elektron, yaitu berdasarkan kulit atom dan subkulit atom. Konfigurasi elektron berdasarkan kulit atom hanya berlaku untuk unsur golongan utama, yaitu unsur golongan IA sampai VIIIA.

Dalam kurikulum KTSP, konfigurasi elektron berdasarkan kulit atom dipelajari di kelas X, sedangkan konfigurasi elektron berdasarkan subkulit dipelajari di kelas XI.

Jumlah elektron maksimum yang bisa ditampung oleh kulit atom adalah 2n², dimana n adalah kulit ke-n. Kulit ke-1 dinamakan kulit K, kulit ke-2 dinamakan kulit L, dan seterusnya sesuai dengan urutan angka dan abjad.

Kulit K maksimum berisi 2 elektron
Kulit L maksimum berisi 8 elektron
Kulit M maksimum berisi 18 elektron
Kulit N maksimum berisi 32 elektron
Kulit O maksimum berisi 50 elektron
dst.

Berikut cara menuliskan konfigurasi elektron berdasarkan kulit atom.

Isikan elektron ke dalam kulit atom sesuai daya tampung maksimumnya. Jika elektron yang tersisa kurang dari daya tampung maksimum kulit atomnya, gunakan aturan di bawah ini.

  1. Jika elektron yang tersisa kurang dari 8, maka seluruh sisa ini diisikan pada kulit selanjutnya.
  2. Jika elektron yang tersisa lebih dari atau sama dengan 8 tetapi kurang dari 18, maka 8 elektron diisikan pada kulit atom, sedangkan sisanya mengikuti aturan pertama.
  3. Jika elektron yang tersisa lebih dari atau sama dengan 18 tetapi kurang dari 32, maka 18 elektron diisikan, sedangkan sisanya mengikuti aturan sebelumnya.
  4. Jika elektron yang tersisa lebih dari atau sama dengan 32, maka diisikan 32 elektron, dan sisa elektron mengikuti aturan sebelumnya.

CONTOH 1

Atom Ca memiliki nomor atom 20. Pertama kita isikan elektron ke dalam kulit atom sesuai daya tampung maksimum, tapi jangan sampai melebihi jumlah 20.

20Ca : 2 8

Langkah pertama cuma sampai di sini, karena jumlah elektron yang tersisa tinggal 10 sedangkan daya tampung maksimum kulit ketiga adalah 18.

Selanjutnya perhatikan aturan di atas, yaitu aturan kedua. Jumlah elektron yang tersisa adalah 10, dimana 8 < 10 < 18, sehingga pada kulit ketiga kita isikan 8 elektron.

20Ca : 2 8 8

Sampai di sini, elektron yang tersisa adalah 2 elektron. Sesuai dengan aturan pertama di atas, jumlah elektron yang kurang dari atau sama dengan 8 langsung kita tuliskan pada konfigurasi elektron. Jadi, konfigurasi elektron dari atom Ca adalah.

20Ca : 2 8 8 2

CONTOH 2

Atom Telurium memiliki nomor atom 52. Elektron kita isikan sesuai daya tampung maksimum masing-masing kulit atom. Ingat, total elektron yang diisikan jangan sampai melewati angka 52.

52Te : 2 8 18

Langkah pertama cukup sampai di sini, karena jumlah elektron yang tersisa adalah 24, sedangkan daya tampung maksimum kulit keempat adalah 32.

Perhatikan aturan ketiga yang telah dibahas tadi. Sisa elektron adalah 24, dimana 18 < 24 < 32, sehingga untuk kulit keempat kita isikan 18 elektron.

52Te : 2 8 18 18

Sampai di sini, jumlah elektron yang tersisa adalah 6. Sesuai dengan aturan pertama, sisa elektron ini langsung kita isikan pada kulit terakhir. Jadi, konfigurasi elektron dari atom Telurium adalah.

52Te : 2 8 18 18 6

Bagaimana, mudah bukan? Tapi ingat ya, konfigurasi seperti ini cuma untuk unsur-unsur golongan utama.

Komentar